Kritik Antonio Gramsci Terhadap Pembangunan Dunia Ketiga



Kebijakan Pembangunan Ekonomi negara-negara berkembang telah berubah secara drastis sejak tahun 1980-an. Hampir semua negara berkembang menggeser kebijakan-kebijakan ekonomi mereka ke arah liberalisasi yang lebih besar dan kepercayaan yang lebih besar pada mekanisme pasar melalui serangkaian reformasi ekonomi berorientasi pasar.
Berbagai reformasi kebijakan tersebut nyaris mengganti secara keseluruhan semua kebijakan sebelumnya yang mendominasi negara-negara berkembang dari tahun 1950-an hingga 1970-an. Reformasi yang mengenyahkan nasionalisme ekonomi dari perbendaharaan kata negara-negara itu, mengurangi peran eksesif negara dalam perekonomian, dan menghentikan kecenderungan pembangunan jenis sosialis.
Seluruh reformasi kebijakan itu semata-mata merupakan menifestasi dari sebuah perubahan yang jauh lebih mendasar lagi, yaitu perubahan di tingkat ide. Dalam bahasa Gramsci, ide-ide melakukan impor materialis ketika berkoalisi dengan kekuatan-kekuatan ekonomi dan politik. Perubahan dalam wacana pembangunan yang berlangsung di penghujung 1970-an dan permulaan 1980-an terkait sangat erat dengan struktur hegemoni pada ekonomi politik global.

Buku terjemahan Noor Cholis
Kritik Antonio Gramsci Terhadap Pembangunan Dunia Ketiga

Keterangan buku:
Judul               : Kritik Antonio Gramsci Terhadap Pembangunan Dunia Ketiga (Restructuring Hegemony and the Changing Discourse of Development)
Penulis             : Muhadi Sugiono
Penerjemah      : Noor Cholis
Penyunting      : Chamdani
Penerbit           : Pustaka Pelajar (1999)

Comments

Popular posts from this blog

Para Pembunuh

Rumah Jagal Lima (Slaughterhouse-Five)

Kekekalan (L'Immortalite), Milan Kundera