Tentang Edgar Allan Poe

Biografi singkat Edgar Allan Poe
Edgar Allan Poe

      Edgar Allan Poe dilahirkan pada tahun 1809 di Boston, Massachusetts, putra seorang aktor keliling. Menginjak usia dua tahun dia sudah sebatang kara dan dibesarkan di rumah John Allan, seorang pedagang tembakau. (Dari John Allan inilah Poe mendapat nama tengahnya.) Mereka pindah ke Inggris pada tahun 1815 dan Poe bersekolah di Stoke Newington, sebuah pengalaman yang kelak dia kisahkan dalam cerita imajinatifnya, “William Wilson” (1839). Lantas dia pulang ke Amerika dan kuliah di Universitas Virginia, tetapi hutang menggunung memaksanya meninggalkan bangku kuliah yang baru setahun didudukinya. Dia masuk Akademi Militer West Point pada 1830, tapi ini pun berumur pendek dan dia dipecat dengan tidak hormat pada tahun 1831 karena melalaikan tugas.
      Tulisan-tulisan awal Poe, termasuk tiga jilid sajak, umumnya tak dikenal, dan dia terpaksa menyambung hidup sebagai redaktur surat kabar di Richmond, Philadelphia dan New York. Dia mondok di rumah salah seorang kerabat, dan pada tahun 1836 mengawini anak gadis saudaranya itu—sepupunya, Virginia. Tetapi, seperti sebagian besar jalan hidupnya, perkawinan ini pun dirundung tragedi ketika Virginia meninggal direnggut TBC sebelas tahun kemudian.
      Salah satu karya paling terkenalnya, roman Gotik “The Fall of House of Usher”, muncul tahun 1840, tetapi baru setelah diterbitkannya The Raven and Other Poems pada tahun 1845 ia meraih popularitas selaku penulis. Meski karya itu dan banyak lagi cerita muram menakutkannya menangguk sukses, dia harus terus bergelut melawan alkohol dan depresi hingga meninggalnya di Baltimore pada 1849.

Comments

Popular posts from this blog

Rumah Jagal Lima (Slaughterhouse-Five)

Para Pembunuh

Contentious Politics (3)